5 Tips Ampuh Menentukan Kualitas Keramik

Begini Cara Mudah Membedakan Kualitas Keramik

Keramik merupakan bahan bangunan yang berkaitan erat dengan estetika. Pemilihan jenis lantai yang kurang tepat dapat menyebabkan sebuah bangunan kurang sedap dipandang mata. Oleh karena itu, Anda tidak boleh asal menentukan jenis lantai.

Jangan tergiur harga murah, tetapi kualitas lantai yang Anda beli sangat rendah sehingga cepat rusak. Tidak hanya membuat tampilan rumah kurang indah, Anda pun harus mengeluarkan uang tambahan untuk membeli lantai baru.

Tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut, bukan? Maka Anda wajib memperhatikan kualitas lantai yang hendak Anda gunakan. Secara umum, jenis lantai terbagi dalam tiga tingkatan, yakni KW 1, KW 2, dan KW 3. Masing-masing tingkatan memiliki ciri khasnya sendiri.

Nah, agar lebih mudah membedakan jenis yang satu dengan lainnya, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan, yakni:

  • Ukuran

Ukuran lantai yang tersedia di pasaran sangat beragam. Namun, yang paling umum adalah ukuran 20×20 cm, 30×30 cm , 40×40 cm, 50×50 cm, dan 60×60 cm. Lantai berkualitas baik, yakni KW 1 memiliki ukuran yang seragam dan presisi.

Sementara ukuran lantai berkualitas KW 2 tidak begitu tepat. Terkadang terdapat selisih yang cukup besar, yakni mencapai 3 milimeter atau lebih. Hal ini terkadang menyulitkan Anda untuk menentukan banyaknya lantai yang diperlukan.

Lantai berkualitas KW 3 memiliki ukuran yang tidak sama. Bahkan dalam satu boks ukurannya berbeda satu sama lain. Hal ini sesuai dengan harga jualnya yang sangat murah.

  • Warna

Keramik lantai KW 1 menawarkan warna yang stabil, tidak ada perbedaan. Selain itu, lantai jenis ini pun hampir tidak ada cacat maupun gumpalan. Berbeda dengan lantai kualitas KW 2. Meskipun warnanya seragam, pola atau motifnya sering kali meleset.

Tak jarang, ditemukan gumpalan pada lantai KW 2 yang cukup mengganggu. Sementara warna lantai KW 3 tidak seragam. Warnanya pun cenderung pudar. Tak hanya itu saja, motifnya pun banyak yang tidak sesuai dan banyak terdapat gumpalan di sejumlah bagian.

  • Bentuk

Keramik KW 1 memiliki bentuk yang sama sehingga mudah dipasang. Desainnya pun sangat cantik sehingga cocok diaplikasikan pada semua ruangan. Tak heran jika lantai KW 1 banyak tersedia dalam bentuk keramik kamar mandi, keramik dinding, dan keramik dapur.

Lantai KW 2 memiliki bentuk yang kurang pas, tetapi tidak separah lantai KW 1 yang memiliki perbedaan mencolok. Alhasil ketika dipasang lantai akan tampak kurang rapi dan teratur.

Hal itulah yang membuat konsumen lebih banyak memilih lantai KW 1 dibandingkan KW 2 ataupun KW 3.

  • Daya Tahan

Daya tahan lantai KW 1 sangat bagus. Awet dan tahan lama. Berbeda dengan lantai KW 2 yang memiliki ketahanan medium. Sementara lantai KW 3 memiliki daya tahan paling rendah sehingga mudah rusak maupun retak.

  • Harga

Dibandingkan dengan harga lantai KW 2 dan KW 3, lantai KW 1 tergolong mahal. Bahkan beberapa merek pun menawarkan kualitas premium. Namun, harga yang dipatok sesuai dengan kualitas yang akan Anda dapatkan.

Harga lantai KW 2 lebih murah dari KW 1, tetapi lebih mahal dari lantai KW 3. Jika Anda memiliki budget lebih, sebaiknya pilih lantai KW 1. Sementara bagi Anda yang terkendala dana, lantai KW 2 dapat dijadikan pilihan. Jika tidak terpaksa, sebaiknya hindari memilih lantai KW 1.

Demikianlah informasi mengenai cara menentukan kualitas keramik yang hendak Anda beli. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *