5 Tips Paling Mudah Untuk Ciptakan Kantor Modern

Bekerja di kantor dengan tampilan yang monoton tentu akan sangat membosankan dan sudah tidak relevan lagi, apalagi karyawannya adalah generasi millenial yang memiliki karakter aktif dan menyukai suasana yang hidup. Desain kantor yang cocok untuk para karyawan hari ini adalah desain modern, hal itu dikarenakan perlunya menyesuaikan dengan era yang juga sudah modern. Lalu komponen apa yang perlu diadakan dalam kantor agar desain kantor menjadi modern?

Tips Mendesain Kantor Modern

Modernitas diartikan sebagai era kemajuan yang di dalamnya penuh dengan inovasi, tingkat adaptasi yang tinggi, fleksibilitas serta waktu yang efisien. Definisi modernitas tersebut dapat diaplikasikan ke dalam bentuk kantor dengan:

1. Penataan ruang yang efektif

Penataan ruang kantor haruslah memiliki tujuan tertentu dengan tetap mempertahankan kenyamanan karyawan. Jangan sampai karyawan dibuat tidak nyaman dengan penataan yang rumit, seperti terlalu banyak ruang, tidak adanya fungsi ruang yang tetap, tidak ada marka ruang, komposisi ruang yang acak-acakan, dan lain-lain. Beberapa perusahaan modern telah menciptakan inovasi dengan mengklasifikasikan fungsi ruang,  meminimalisir banyak ruang, serta menata ruang lebih sederhana sehingga karyawannya dapat mengakses ruang-ruang tersebut dengan efisien.

2. Pintu dan dinding kaca

Sesuatu yang transparan dan mengkilat entah bagaimana mulanya digambarkan sebagai salah satu dari ciri teknologi yang modern. Oleh karenanya menggunakan pintu dan dinding kaca menjadi pilihan yang tepat untuk menjadikan kantor modern. Namun di luar itu, pintu kaca kantor dan dinding kaca memiliki manfaat lain seperti mampu memberikan cahaya yang optimal, tranparansi aktivitas sehingga meminimalisir tindak kecurangan, serta mengakrabkan satu dan lain karyawan.

3. Warna

Sejak dahulu, kantor selalu menjadi tempat yang formal sehingga warna yang diaplikasikan pun adalah warna-warna formal dan monoton serta minim variasi. Pada kenyataannya, warna seperti itu justru membuat karyawan cepat bosan, ngantuk, lelah, bahkan tertekan. Cobalah mengubah warna kantor yang monoton menjadi warna yang lebih hidup. Jangan takut untuk mengkombinasikan warna, apalagi warna-warna ceria dan berani. Warna yang hidup akan memberikan kesemangatan pada karyawan untuk bekerja dengan maksimal. Warna yang menarik ditambah dengan pintu kaca kantor dan dindingnya akan memberikan efek biasan yang spektakuler serta modern tentunya, apalagi dipadukan dengan warna lampu yang unik.

4. Tempat istirahat

Umumnya tempat istirahat kantor hanyalah kantin serta tempat ibadah. Cobalah menyediakan tempat istirahat yang lain yang dapat merefresh otak karyawan seperti tempat berkumpul dengan akses wifi, tempat istirahat dengan mesin game, kantin yang menyediakan makanan unik, dan lain-lain. Tempat istirahat yang penuh dengan hiburan akan membantu karyawan untuk sejenak melepas lelahnya sehingga mereka dapat bekerja lagi dengan baik.

5. Kantor yang komunikatif

Bukan modern namanya jika komunikasi sangat terbatas. Ciptakanlah kantor yang memungkinkan antar karyawan atau bahkan antar karyawan dengan atasan agar dapat berkomunikasi dengan leluasa. Suasana ini dapat dibentuk dengan sedikit memberikan sekat atau menggunakan sekat trasparan seperti partisi kaca. Konsep seperti ini sudah diaplikasikan oleh kantor Facebook di mana antara karyawan dan direkturnya yaitu Mark Zuckerberg dapat berkomunikasi dengan leluasa sehingga ide dan inovasi dapat mudah tercurahkan. Adapun untuk membeli partisi kaca, baik itu jasa jual pintu kaca, dinding, dan partisi kaca dapat dengan mudah ditemukan dengan harga yang variatif menyesuaikan dengan kebutuhan kantor Anda.

Selain 5 tips di atas, Anda juga dapat menambahkan inovasi lain sesuai dengan perspektif seperti apa yang karyawan Anda miliki dalam memandang modernitas dalam kantor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *