Begini Cara Penggunaan Epoxy untuk Menghias Lobby Kantor

Cara Penggunaan Epoxy untuk Menghias Lobby Kantor

Epoxy adalah sejenis bahan atau resin yang terbuat dari proses kimia epoksida dan polimerisasi yang sering dipakai untuk bahan coating, perekat atau untuk cat di berbagai material. Di dalam pengaplikasiannya, epoxy biasa dicampur dengan hardener ( pengeras ) yang berfungsi merubah epoxy yang bersifat cair menjadi epoxy padat. Sehingga membuatnya tahan terhadap perubahan suhu dan reaksi kimia yang ekstrim. Sifat epoxy yang memiliki ketahanan sangat kuat, maka tidak jarang jika epoxy dipakai sebagai bahan pelapis pada kayu, logam, lantai dari beton, kaca sampai plastik.

Manfaat Epoxy untuk Lobby Kantor

Manfaat Epoxy untuk Lobby Kantor

Epoxy sebagai pelapis lantai menawarkan berbagai macam keuntungan dan juga manfaat pada konsumen. Pelapis pada lantai ini dalam pengaplikasiannya hanya membutuhkan waktu yang cukup cepat, sehingga sangat berguna dan cocok untuk  hiasan lobby kantor yang akan segera digunakan untuk bekerja. Selain itu lapisan epoxy lantai yang di aplikasikan pada permukaan lantai dapat berfungsi untuk mencegah permukan licin yang mengakibatkan orang bisa terpeleset dan lantai yang dilapisi epoxy kelihatan lebih elegan serta menarik. Penentuan warna pada lapisan epoxy untuk lobby kantor juga sangat mempengaruhi keindahan lobby, sehingga  dapat membuat para tamu atau pegawai lebih betah berlama – lama didalam kantor.

Akan tetapi kekurangan dari lantai epoxy adalah bisa sewaktu – waktu mengalami retak atau kerusakan dan disebabkan oleh berbagai macam alasan seperti terbentur, tergores atau terkena noda. Oleh karena itu, ada beberapa solusi yang bisa dipakai untuk mencegah terjadinya kerusakan ini yaitu dengan menggunakan suatu teknik pengecatan lapisan epoxy secara tepat dan memilih bahan yang memiliki kualitas bagus.

Lantai epoxy ini mempunyai permukaan yang mengkilap dan juga halus, karena tidak memiliki sambungan pada nat lantai. Permukaan lantai yang halus serta mulus  dapat mencegah akumulasi dan juga penetrasi dari kotoran, kelembaban, serta kuman bakteri. Oleh karenanya lapisan epoxy juga sering diaplikasikan pada rumah sakit dan juga lembaga medis yang lainnya.

Sebenarnya ada beberapa kelebihan dari lapisan epoxy yaitu, bersifat anti bakteri, mudah dalam perawatan, tidak bereaksi pada senyawa kimia, tidak dapat dibakar, tidak licin, anti selip, mempunyai kualitas tahan lama, tahan terhadap cuaca panas, masih memiliki kualitas bagus dengan pemakaian selama 30 tahun dan hampir tidak memiliki bau.

Sekarang ini pemakaian lapisan epoxy pada berbagai macam lantai sedang menjadi sebuah tren di kalangan perkantoran atau perumahan. Berkat  dari senyawa yang dimiliki oleh epoxy tersebut, maka membuat epoxy dapat memberikan ketahanan yang sangat baik terhadap berbagai macam degradasi yang disebabkan oleh berbagai unsur pada kimia lainnya. Untuk pengaplikasian pada lantai, biasanya lapisan epoxy mampu memberikan daya tahan terhadap keretakan ataupun goresan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *