Berbagai Ciri Khas Motif Timur Tengah : Mana Yang Paling Sering Kamu Jumpai?

Bukan rahasia lagi kalau berbagai desain, interior, arsitektur dan pernak-pernik lain yang bergaya timur tengah pasti memiliki ciri khas motif tertentu yang unik dan menarik. Dari sekian banyak ciri khas motif yang bisa kamu jumpai, sisi religius yang tertuang dalam berbagai motif yang kadang sedikit menyentuh jiwa menjadi salah satunya. Kesan ramai, mewah, unik, dan eksotis yang dipancarkan aneka pernak pernik dan desain dengan motif khas Timur Tengah ini juga mampu menginspirasi banyak orang.

Beda Negara, Beda Juga Motifnya

Mengulas daya tarik gaya Timur Tengah memang tak ada habisnya. Mulai dari Maroko Uzbekistan, Arabian hingga Turkish, semuanya  memiliki ciri khas motif Timur Tengah-nya masing-masing. Ciri ini bisa kamu temukan dihampir semua pernak-pernik bergaya Timur Tengah meskipun tentunya setiap negara memiliki motif khas yang berbeda-beda.

Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut 3 diantaranya ciri khas motif Timur Tengah yang bisa kamu temui dan bisa menjadi inspirasi gaya interior desain kamu.

1. Motif Khas Maroko

 

Karpet Motif Khas Maroko

Salah satu gaya timur tengah yang sering menjadi inspirasi masyarakat Indonesia adalah bergaya Maroko. Gaya Maroko adalah salah satu gaya timur tengah yang dipengaruhi gaya arsitektural dari Moorish. Gaya ini juga bisa kamu temukan di negara-negara lain seperti Portugal, India dan Spanyol.

Marocco Patern memiliki motif khas pola geometris unik yang merupakan perpaduan bentuk segitiga, lingkaran, dan sulur berbentuk tanaman dan bintang yang cantik dan menimbulkan kesan dinamis yang semarak. Selain itu, Marocco Patern dominan dengan warna merah, cokelat dan oranye. Ciri khas motif ini bisa kamu temukan diberbagai busana seperti abaya dan tunik, scarf, hingga hiasan untuk dekorasi rumah bahkan pada karpet.

Banyak yang menginginkan karpet dengan motif khas Timur Tengah ini, padahal harganya cukup menguras kantong. Meskipun begitu, kamu tak perlu memaksakan diri. Kamu bisa menggantinya dengan karpet tile. Harga karpet tile murah. Jadi tak akan membebani budget kamu.

2. Motif Khas Uzbekistan

 

Karpet Motif Khas Uzbekistan

Salah satu motif khas Uzbekistan yang terkenal adalah Suzani. Motif ini biasanya banyak dijadikan pilihan saat hari besar umat Islam, yaitu hari raya Idul Fitri. Ciri khas motif ini adalah bentuknya yang berupa dedaunan dan bunga-bunga dengan perpaduan warnanya yang kaya mulai dari merah, biru, hijau dan sebagainya.

Motif khas Uzbekistan ini bisa kamu temukan di aneka kerajinan tangan, aksesoris rumah, taplak meja, bahkan karpet. Aneka motif khas ini diaplikasikan dengan bahan perwarna alami sehingga ketika dijual, harga jualnya bisa sangat tinggi, berbeda dengan berbagai motif yang diaplikasikan dengan bahan dasar pewarna buatan.

Jadi untuk kamu yang ingin membeli karpet cantik dengan motif khas Timur Tengah seperti ini harus pikir ulang lagi ya. Apalagi untuk kamu dengan budget pas-pasan. Kamu bisa mencoba alternatif lain seperti menggantinya dengan karpet tile. Harga karpet tile tentunya akan lebih terjangkau.

3. Motif Khas Turkish

 

Karpet Motif Khas Turkish

Tak banyak berbeda dengan gaya Maroko, Turkish patern juga sarat dengan ciri khas motif geometris namun lebih dominan dengan bentuk kotak serta sulur-sulur bunga cantik khas negara Turki. Motif ini bisa kamu jumpai pada aneka hiasan dinding istana hingga masjid khas Timur Tengah. Di Indonesia sendiri, ciri khas motif ini akan sering kamu jumpai pada hijab segiempat yang kaya warna dan motif.

Nah, dari ketiga gaya tadi, ciri khas motif mana yang paling sering kamu jumpai?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *