Yuk Cari Tahu Tentang Berbagai Macam Material untuk Lantai Disini!

Berbagai Macam Material untuk Lantai

Saat ini lantai bukan hanya berfungsi sebagai penunjang aktivitas dalam suatu ruangan, namun juga sebagai salah satu penghias ruangan. Perubahan fungsi yang terjadi tentunya juga disebabkan oleh perkembangan desain interior. Kini kita dapat menambah estetika ruangan tanpa harus mengurangi fungsinya. Hal ini tentunya akan meningkatkan kenyamanan para penghuni rumah tersebut. Menariknya lagi,  tersedia lantai dengan pilihan motif yang banyak dan tentunya memiliki harga yang beragam.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lantai adalah mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Pasalnya, hal tersebut memudahkan anda dalam memilih penggunaan jenis lantai yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Agar anda tidak salah dalam memilih lantai yang sesuai dengan kebutuhan, kami akan menyediakan informasi mengenai jenis-jenis material lantai. Tanpa berlama-lama lagi mari kita bahas satu per satu.

Jenis-jenis Material Lantai

1. Keramik

Berbagai Macam Material untuk Lantai

Keramik merupakan salah satu jenis bahan lantai yang banyak digunakan. Banyaknya peminat lantai berbahan keramik dikarenakan penggunaannya yang dapat bertahan lama dan juga proses pemasangannya yang cukup mudah. Bahan lantai ini juga memiliki banyak pilihan motif yang dapat digunakan untuk memperindah tampilan ruangan. Selain itu, lantai berbahan keramik juga dipilih karena harganya yang terjangkau dan ketersediannya yang mudah ditemukan. Penggunaan jenis lantai keramik sangat cocok untuk dipakai di dapur dan juga kamar mandi.

Meskipun demikian, lantai berbahan keramik memiliki beberapa kekurangan salah satunya adalah jika keramik tergores. Bekas goresan tersebut tidak dapat dihilangkan, sehingga dapat mempengaruhi keindahan tampilan ruangan. Sifat keramik yang tidak mudah menyerap panas menjadikan ruangan terasa lebih dingin ketika musim hujan tiba. Selain itu sifatnya yang keras menjadikan keramik mudah retak dan juga pecah.

2. Parket

Berbagai Macam Material untuk Lantai

Parket pada dasarnya adalah salah satu jenis lantai berbahan dasar kayu. Jenis lantai ini terbagi lagi menjadi tiga macam berdasarkan bahan kayu yang digunakan, yaitu kayu solid, laminating flooring, dan sintetis. Penggunaan lantai berbahan kayu ini sangat tepat bagi anda yang ingin membangun ruangan untuk menampilkan kesan elegan dan juga menyatu dengan alam. Jika penghuni rumah memiliki alergi terhadap debu akan lebih baik jika menggunakan jenis lantai kayu ini. Pasalnya, debu akan sulit untuk melekat pada lantai ini, sehingga secara tidak langsung akan menjadikan ruangan anda terlihat lebih bersih. Pada saat dipijak lantai ini juga tidak mengeluarkan bunyi yang keras seperti pada lantai keramik.

Meski demikian proses pemasangan jenis lantai ini cukup sulit. Jika belum mengetahui cara pemasangannya kami menyarankan agar anda menyewa jasa pemasangan lantai. Proses perawatan lantai ini dapat dikatakan cukup rumit, terlebih karena sifat kayu yang mudah rusak akibat perubahan cuaca dan kelembapan. Namun anda dapat meminimalisir hal ini dengan menggunakan parket sintetis yang memiliki ketahanan yang lebih kuat dibanding lantai berbahan kayu solid dan juga laminating flooring.

3. Marmer

Berbagai Macam Material untuk Lantai

Marmer merupakan jenis material lantai yang terbuat dari batu alam yang dipotong dalam lembaran besar. Lantai ini sangat cocok digunakan bagi anda yang ingin menampilkan kesan ruangan yang elegan, modern, dan anggun. Daya tahan lantai marmer lebih kuat dibandingkan dengan keramik, sehingga jika memiliki ruangan dengan beragam furniture yang cukup berat kami sarankan kepada anda untuk menggunakan lantai marmer. Hal ini ditunjukkan agar lantai rumah anda tidak mudah rusak hanya karena permasalahan dalam peletakan furniture.

Namun sayangnya harga lantai marmer ini cukup mahal. Proses pemasangannya pun cukup sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, permukaan lantai marmer juga licin jika terkena air. Oleh karena itu, jenis bahan lantai yang satu ini kurang tepat jika dipasang di kamar mandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *