Cara Simpel Memasang List Gypsum Untuk Plafon Hunian Anda! Hati-hati Salah Perhitungan!

Cara Simpel Memasang List Gypsum Untuk Plafon

Guna mempercantik tampilan hunian Anda ada beragam cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah memasang bahan material gypsum pada plafon ruangan. Jika Anda pernah melihat sebuah ruangan dengan bagian atapnya terdapat ukiran dalam bentuk tertentu, itulah yang dinamakan gypsum. Bak primadona, baik di wilayah perkotaan maupun perdesaan, gypsum banyak dipilih sebagai hiasan atau aksesoris untuk membangun suasana nyaman di rumah.

Sebuah ruangan akan menjadi terlihat indah, menarik, dan tentunya berbeda jika dipasang material gypsum. Selain karena dapat membuat tempat menjadi menarik, gypsum juga relatif  terjangkau namun berbeda jenis dan ukuran berbeda pula harganya. Jenis ukuran list umumnya bervariatif, mulai dari ukuran 4cm, 5cm, 10cm hingga 20cm. Semakin besar ukuran yang dibutuhkan maka semakin tinggi pula harga yang tawarkan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena di situs Sekatpartisi.com jual plafon gypsum murah, berkualitas, dan tentunya terpercaya.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam pemasangan list gypsum yang dimana atap rumah menggunakan triplek maka cara memasangnya harus menggunakan bantuan skrup sebagai pengikat. Tetapi jika plafon rumah ingin ditambahkan profil gypsum seperti hiasan sop lampu, dimana plafonnya sudah mengunakan papan gypsum maka Anda tidak perlu lagi menambahkan skrup. Kenapa tidak perlu penambahan skrup? Karena antara list, profil, dan papan gypsum memiliki bahan yang sama. Bila Anda ingin memakai list gypsum di plafon Anda tetapi tidak ingin capek-capek memasangnya, lebih baik Anda menyewa jasa pemasangan saja. Apabila Anda ingin mencoba menempelkannya sendiri, maka Anda perlu mengikuti cara di bawah ini ya.

Cara Simpel Pasang List Gypsum Sendiri! 

Kalau Anda lebih suka menyelesaikan pekerjaan sendiri daripada harus meminta bantuan orang lain atau jasa, maka ada bergama cara yang perlu Anda perhatikan secara mendetail saat memasang list gypsum untuk plafon rumah Anda. Dan berikut caranya:

1. Pertama

Ukurlah panjang area ruangan yang hendak dipasang gypsum secara tepat dan catat ukuran tersebut agar Anda tidak mudah lupa. Pastikan semua ukurannya sesuai karena kalau ukurannya meleset sedikit saja maka akan sangat berpengaruh pada saat pemasangan list lainnya. Antara list satu dan yang lain saling berhubungan, maka itu perhitungkanlah secara tepat untuk menghindari kesalahan terutama pada bagian sambungan di sudut plafon rumah.

2. Kedua

Setelah mendapatkan ukuran yang sesuai, maka cara selanjutnya adalah memotong list yang sudah diukur dengan menggunakan alat pemotong. Biasanya alat yang digunakan untuk membelah bagian list berupa gergaji besi atau cutter.

3. Ketiga

Cara selanjutnya adalah membuat lem perekat untuk menempelkan list ke atap plafon yang akan didekorasi. Bahan yang biasa digunakan untuk perekat adalah bubuk compound. Saat ingin menempelkannya, pastikan lem dari bubuk compound diberikan tambahan air sedikit demi dikit dan diaduk perlahan untuk membuatnya tetap lengket. Hal ini dikarenakan material lem akan cepat mengering kurang lebih selama 10 menit.

4. Keempat

Balurkan perekat yang telah dibuat tadi ke list yang telah dipotong-potong pada tahap kedua. Usahakan untuk mengoleskan secara merata kesemua bagian list agar dapat menempel dengan sempurna. Kemudian Anda dapat menempelkan bagian list yang terpotong ke bagian dinding dan plafon rumah Anda. Lalu rapihkan list yang telah terpasang sesuai dengan ukuran yang telah diukur sebelumnya.

5. Kelima

Sebagai langkah terakhir, list yang telah tertempel dibagian dinding dan atap maka Anda perlu merapihkan semua perekat di bagian atas dan bawah list gypsum dengan menggunakan kape atau amplas. Apabila ada bagian yang kurang rapih, Anda dapat menambahkan perekat sesuai dengan pola motif yang Anda pilih agar tidak terlihat seperti tambahan.

Nah, itu dia 5 cara simpel untuk memasang list gypsum dirumah Anda. Jika Anda bingung untuk menentukan motif dan jenis list gypsum untuk dirumah, kami banyak menyediakan dan jual plafon gypsum murah dengan kualitas yang tidak diragukan. Untuk pemesanan dan ketersediaan motif, Anda dapat menghubungi admin kami di kontak yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *