Fungsi Membran Bakar di Dunia Konstruksi

Fungsi Membran Bakar

Tahukah Anda apa itu waterproofing membran bakar? Mungkin banyak yang belum familiar dengan salah satu material di dunia konstruksi ini, padahal sudah banyak digunakan dan memberikan dampak positif bagi keawetan bangunan. Karena material ini punya segudang fungsi menarik, penasaran apa saja fungsinya?

Membran bakar merupakan material khusus pelapis beton atau bangunan yang dibuat dari lembaran aspal modifikasi, kemudian ditambahkan serat khusus jenis non woven popyester. Di dunia konstruksi penggunaannya sudah cukup lama, hanya saja terbatas pada bangunan tertentu karena butuh spesifikasi khusus saat dipasang.

Fungsi Membran Bakar

6 Fungsi Membran Bakar

Kebanyakan orang selama ini hanya mendengar cat tahan air atau waterproof, yang pengaplikasiannya dengan cara dioles seperti penggunaan cat. Padahal membran bakar juga merupakan material dengan fungsi yang sama, hanya saja pengerjaannya dengan membakar material sehingga menyatu dengan beton bangunan. Berikut ini beberapa fungsi dari membran tersebut.

  • Mencegah Kebocoran Pada Atap

Atap merupakan bagian bangunan yang paling rentan mengalami kebocoran, walaupun terbuat dari beton. Penggunaan membran bakar yang dikerjakan oleh jasa waterproofing membrane bakar, akan meminimalisir kebocoran tersebut. Sebab lapisan aspalnya akan menyatu dengan beton, kemudian menahan rembesan air secara maksimal agar tidak meluber kemana-mana. Anda tak akan menemukan lagi bocoran yang akan mengakibatkan atap cepat rusak.

  • Mencegah Kebocoran Pada Dinding

Sama halnya pada atap, membran bakar juga dapat mencegah kebocoran pada dinding bangunan. Ibarat pakaian dalam, dia akan ditempatkan pada rongga dalam dinding beton sebelum dilakukan pengecoran terakhir. Jadi ketika terjadi kebocoran, tidak akan sampai merembes ke bagian luar beton.

Bahkan ketika terjadi benturan hebat sekalipun, atau gesekan keras pada dinding atau lantai kebocoran atau kerusakan tidak akan terjadi. Asalkan Anda menggunakan membran bakar asli, dari jasa waterproofing membrane bakar yang sudah berpengalaman.

  • Memperpanjang Umur Bangunan

Fungsi yang satu ini pasti Anda sukai, sebab sekali pakai saja bangunan akan tahan bocor selama bertahun tahun. Apalagi kalau Anda memilih bahan terbaik dari membran ini dijamin bangunan rumah, balkon, hingga basement tidak akan mengalami kebocoran. Sebab lapisannya akan benar-benar menyatu dengan beton.

  • Meminimalisir Biaya Perawatan

Perawatan bangunan yang menggunakan waterproofing membran bakar, tidak akan semahal bangunan yang tidak menggunakannya. Sebab Anda hanya butuh mengecek kadar kelembaban dinding atau lantai yang dilapisi membran ini secara berkala, untuk memastikan tidak ada kebocoran.

Beda dengan cat waterproofing yang kadang hanya bertahan melapisi dinding selama hitungan bulan atau beberapa tahun. Sehingga Anda harus beli cat lagi untuk memoles bagian yang rentan bocor, jadi akan ada biaya perawatan rutin yang harus dikeluarkan.

  • Mencegah Pumping

Merupakan kondisi dimana bagian beton retak dan membengkak akibat terkena air dan lembab, tapi kalau Anda sudah menggunakan membran bakar pada lapisan dalam beton maka hal itu pumping tidak akan terjadi.

  • Menjaga Kualitas Kolam Renang

Kenapa kolam renang rentan bocor? Karena lapisan dinding dan dasar lantainya tidak maksimal terlapisi cat atau bahan anti air. Beda halnya ketika Anda menggunakan membran ini, karena fungsinya yang menahan air akan membuat kolam berenang anti bocor dan bisa digunakan selama mungkin.

Tertarik untuk menggunakan material ini pada rumah atau kantor? Cobalah cek jasa terbaik yang menyediakan material dan pemasangannya, agar Anda juga bisa merasakan bagaimana material ini menjalankan fungsinya dengan baik. Terutama menghindari kebocoran dan membuat bangunan menjadi tahan lama dan kokoh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *