Hal-Hal Berikut ini Penting Anda Siapkan untuk Atap Rumah

Atap Rumah

Sudah bukan menjadi rahasia umum, datangnya musim hujan menjadi PR bagi sebagian orang. Hal ini berhubungan dengan berbagai masalah yang bisa muncul, mulai dari yang kecil sampai yang besar, misalnya kebocoran. Apakah ini menjadi masalah Anda juga?

Yang perlu Anda tahu terlebih dahulu, kebocoran yang terjadi pada atap dapat terjadi karena berbagai faktor. Terlebih apabila Anda tidak menyiapkan konsep pemasangan atap rumah jauh-jauh hari sebelum membangun rumah. Namun, bukan berarti Anda terlambat bila ingin memperbaikinya. Masih ada cara yang bisa Anda lakukan dalam mempersiapkan yang terbaik untuk atap rumah. Apa saja? Berikut beberapa pennjelsannya untuk Anda.

Gunakan Waterproofing

Sekarang ini, ada banyak jasa waterproofing membrane bakar yang muncul. Hal ini tak terlepas dari fungsi waterproofing itu sendiri yang berguna mencegah kebocoran pada atap. Bagi Anda yang baru mendengar metode ini, waterproofing merupakan metode yang dilakukan untuk membuat atap menjadi tahan atau kedap terhadaap air. Lebih dari itu, waterproofing ini dapat melindungi serta menjaga ketahanan struktur pada atap.

Bila Anda pernah melihat retak rambut yang muncul pada atap, penggunaan waterproofing ini dapat meminimalisir masalah tersebut. Sebab tak dipungkiri, munculnya retak rambut bisa karena aliran air hujan dan waterproofing berperan dalam mencegah hal tersebut. Waterproofing membran, coating, dan integral merupakan jenis dari metode ini.

Kemiringan Atap

Air yang menggenang atau kebocoran bisa saja muncul karena kemiringan atap yang masih belum sesuai. Dengan kemiringan  yang tepat, merupakan kunci agar masalah tersebut tak Anda hadapi. Ada trik sendiri dalam mengatur kemiringan ini. Bila Anda menggunakan atap berbahan genteng, seperti pada masyarakat umumnya, Anda sebaiknya membuat kemiringannya berada di antara 30 sampai dengan 40 derajat. Sementara itu, bila yang Anda gunakan adalah atap asbes, maka gunakan kemiringan minimal 10 derajat.

Setelah menyesuaikan kemiringan tersebut, jangan lupa menerapkan sika waterproofing untuk dak agar semakin menambah ketahanan atap terhadap air hujan.

Periksa Komponen Lainnya

Tak selamanya penyebab utama kebocoran karena pemasangan atap yang buruk atau sika waterproofing untuk dak yang belum terpasang. Faktor lain yang bisa muncul karena pemasangan komponen lainnya yang tidak pas, misalnya talang air. Penyebab talang air yang rusak bisa karena kotoran atau benda-benda lain yang tersangkut di talang sehingga membuat aliran airnya menjadi macet.

Lalu, apabila aliran air pada talang air ini jatuh langsung pada atap, maka lama-kelamaan akan mengikis permukaan atap. Dengan demikian, air merembes, memunculkan retak rambut, dan lain sebagainya. Selain talang air, Anda juga perlu memerhatikan pemasangan pipa yang bagi sebagian orang dilewatkan.

Hal tersebut tentunya sangat merepotkan Anda bila musim hujan sudah datang. Maka dari itu, mempersiapkan komponen lainnya merupakan langkah yang perlu Anda perhatikan.

Nah, upaya-upaya di atas dapat Anda terapkan sedini mungkin. Tenang saja, ada banyak para ahli bangunan yang dapat membantu Anda, termasuk penyedia jasa waterproofing membrane bakar. Maka dari itu, sebelum musim hujan datang, yuk mulai perbaiki atap rumah beserta komponen pendukungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *