Wajib Waspadai, Inilah Kendala dalam Memasang Sliding Door yang Sering Dijumpai

Kendala dalam Memasang Sliding Door

Saat ini beragam dekorasi rumah memang berkembang dengan pesat dan siap memanjakan para calon penggunanya. Salah satu pilihan yang menarik dalam dekorasi rumah adalah penggunaan pintu geser atau dikenal dengan istilah sliding door. Pintu jenis ini terlihat sangat modern dan elegan sehingga akan meningkatkan dekorasi rumah secara signifikan. Meskipun begitu, pemasangan pintu geser sering menimbulkan beberapa permasalahan teknis. Untuk itu, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa kendala yang muncul ketika memasang pintu geser yang sering dijumpai.

Kendala Ketika Memasang Pintu Geser

Kendala dalam Memasang Sliding Door

Pintu geser atau yang biasa dikenal dengan nama sliding door, merupakan salah satu jenis pintu yang memiliki beberapa keunggulan. Salah satu keunggulan yang ditawarkan dari pintu geser adalah sifatnya yang hemat ruangan. Meskipun begitu, pintu jenis ini juga bukan berarti tanpa kelemahan sama sekali. Inilah beberapa kendala yang bisa muncul ketika memasang pintu geser:

Rel terganjal

Salah satu kelemahan dari pintu geser adalah mudahnya terganjal pada bagian rel. Untuk rel yang digunakan sendiri posisinya terletak di bawah maupun atas, bergantung kepada model yang digunakan. Jika bagian rel ini terganjal, dikhawatirkan pintu akan susah untuk dibuka maupun ditutup. Hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu menggunakan engsel pada pintu konvensional yang hanya perlu diberi pelumas secara rutin.

Pemasangan rel yang kurang presisi

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan dalam pemasangan pintu geser adalah pemasangan rel. Pada bagian ini, kamu harus memasang rel secara presisi. Selain itu, bagian rel bawah biasanya sangat rentan terganjal oleh debu. Hal tersebut wajar terjadi mengingat posisi rel yang berada di bawah permukaan lantai. Untuk itu, kamu bisa memilih posisi yang tepat agar debu mudah dibersihkan. Kamu bisa menggunakan vacum cleaner untuk menyedot debu yang ada.

Kunci pintu yang mudah macet

Sama halnya dengan pintu konvensional, kunci pintu pada pintu geser juga rawan macet. Untuk itu kamu bisa memberikan pelumas pada bagian lubang kunci. Pelumas tersebut juga bisa digunakan pada bagian rel pintu dan roda agar proses buka dan tutup pintu bisa lebih mudah. Gunakanlah sistem kunci yang berfungsi sempurna agar nantinya pada saat digunakan tidak akan terjadi kasus macet yang tentu berbahaya bagi seluruh penghuni rumah.

Sekrup yang mudah lepas

Salah satu kemudahaan yang ditawarkan oleh pintu geser adalah bisa diatur seberapa erat geseran pada pintu. Jika kamu tertarik untuk menggunakannya, kamu bisa menggunakan sekrup yang ada pada bagian roda. Sayangnya, karena roda terus berputar mengakibatkan sekrup ini mudah kendor maupun rusak. Untuk itu, kamu bisa mengatur kembali sekrup tersebut menggunakan obeng. Selain itu, kamu harus rajin memberikan pelumas agar tidak terjadi hal-hal yang lebih parah dari yang telah disebutkan sebelumnya. Pastikan pada saat memasang tersebut tidak menggunakan sekrup yang sudah rusak agar roda juga bisa berjalan dengan lancar.

Beberapa kendala pada pemasangan pintu geser merupakan hal teknis yang wajar terjadi. Untuk itu, kamu tidak perlu panik ketika beberapa hal tersebut terjadi. Selalu siap dengan apa saja yang bakal terjadi karena tidak akan ada kata darurat jika kita selalu siap.

Demikianlah artikel singkat mengenai kendala yang bisa terjadi dalam memasang pintu geser. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam mengatasi permasalahan tersebut. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *