Meski Punya Banyak Kelebihan Partisi Gypsum Tetap BisaJebol! Temukan Cara Mengatasinya Disini!

Partisi gypsum merupakan penyekat ruang utama yang membagi ruang-ruang kosong menjadi beberapa ruang yang lebih kecil dengan menggunakan material papan gypsum. Gypsum sendiri merupakan salah satu contoh mineral dengan kadar kalsium yang mendominasi pada mineralnya.
Dewasa ini, banyak bangunan yang menggunakan material ini untuk menyekat ruangan pada ruang utama. Tentu hal ini bukan tanpa alasan. Harga partisi gypsum murah jika dibandingkan penyekat ruangan lainnya. Belum lagi, bobotnya juga lebih ringan dibandingkan partisi lainnya. Meskipun terkenal ringan, namun tetap dapat melindungi penghuni rumah. Kenapa? Karena material partisi yang satu ini merupakan material interior rumah yang ternyata tahan terhadap api. Jadi, dengan demikian bisa meminimalisir resiko apabila terjadi kebakaran, Selain itu, karena bobot dari material ini cenderung ringan, sehingga membantu meringankan beban bangunan sehingga memperkecil resiko kemungkinan rumah roboh ataupun retaknya tembok.

Keuntungan Menggunakan Partisi Gypsum

Selain dari yang sekilas dibahas di atas, berikut ini adalah daftar keuntungan memanfaatkan partisi berbahan gypsum di sebuah bangunan:

  • Mudah ditemukan karena material jenis ini memiliki banyak peminat
  • Harganya yang lebih murah alias cukup ramah di kantong dibanding partisi lainnya
  • Proses dan tata cara perawatannya cukup mudah dilakukan
  • Lebih mudah diperbaiki saat terjadi kerusakan
  • Materialnya yang cenderung ringan, membuatnya mudah diatur dan digunakan sebagai pembatas ruangan
  • Memiliki kemampuan tahan terhadap api dan bahkan memiliki daya tahan terhadap kelembapan karenan kandungan yang dimilikinya
  • Tersedia banyak model dan desain di pasaran sehingga kamu dapat dengan bebas memilih desain yang kamu suka. Hal ini membuat ruanganmu tidak hanya dapat disekat sesuai keinginan tapi juga bisa mempercantik ruangan dengan berbagai pilihan desain yang ada. memiliki berbagai macam desain yang dapat anda pilih sesuai dengan keinginan anda, sehingga dalam sekat pembatas tersebut tetap ada unsur dekoratif yang akan mempercantik ruangan anda.

Baca juga: Ikuti Trik Hebat Ini dan Sulap Kamar Anak Perempuan Anda Lebih Menarik

Jenis-jenis Gypsum

  • Bertipe X
    Kelebihan partisi jenis ini adalah sifatnya yang tahan terhadap api dan panas
  • Vapor barrier
    Partisis jenis ini mengandung foil sebagai unsur pelengkap sehingga membuatnya tahan dari kelembapan
  • Gypsum board anti air
    Kelebihan partisi ini adalah tahan dari serangan air karena memiliki sifat water resistant, sehingga akan sangat cocok jika digunakan untuk area kamar mandi.
  • Gypsum board exterior
    Partisi ini umumnya digunakan untuk langit-langit atau bagian atap bangunan.

Mengatasi Partisi Gypsum Jebol

Dengan berbagai keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan, yang namanya rusak bahkan jebol tentu tetaplah ada tapi kita dapat meminimalisirnya. Untuk itu, berikut cara untuk mengatasinya:

  1. Pilihlah material yang baik dan berkualitas, jangan tergiur dengan tawaran harga yang miring. Partisi yang berkualiras itu memiliki berat atau bobot tidak lebih dari 15 kg dengan ketebalan sekitar 9 mm. Selain itu, biasanya permukaannya itu rata, lurus, tidak bergelombang dan tidak ada rongga. Dan juga, saat kamu memegangnya tidak akan ada kotoran yang membekas di tangan
  2. Melakukan pengecekan secara berkala minimal 4 tahun sekali
  3. Melakukan kompon ulang atau menempelkannya pada permukaan gypsum yang rusak
  4. Akan lebih baik jika bagian tepi partisi ditambahkan bahan tertentu yang bertujuan untuk mencegah pengikisan dan jebolnya partisi. Nah, salah satu caranya adalah dengan memasang wallpaper. Selain bertujuan untuk mencegah pengikisan, wallpaper juga dapat menambah keindahan ruangan.
  5. Jika terjadi kerusakan atau jebol, jangan menunda – nunda waktu untuk memperbaikinya. Semakin ditunda sudah tentu partisinya akan semakin rusak.

Jadi, sudah siap untuk menyekat ruang utama kamu sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *