Pastikan Lantai Kamar mandi Aman! Pastikan Pemasangannya Benar!

Lantai Kamar mandi

Lantai kamar mandi adalah bagian yang terpenting dari segi keamanan. Terlalu licin maka ada kemungkinan bisa terjadi kecelakaan dalam kamar mandi. Oleh karena itu, pemasangannya harus pas baik untuk keadaan kering atau basah. Bahkan untuk memastikan permukaan solid, kontraktor bangunan menggunakan sika floor hardener untuk memperkuat lantai agar tidak mudah rusak atau amblas.

Lantai Kamar mandi

Kiat Pasang Lantai Kamar Mandi Yang Sempurna

Selain pemilihan material yang tepat, lantai dilapisi dengan waterproofing atau sika floor hardener, cara lantai dipasang memegang peranan paling penting. Karena kalau pemasangan salah bisah berimpas lantai amblas atau ada poping up atau tiba-tiba ada retakan pada lantai. Lalu bagaimana cara pemasangan yang tepat agar lantai bisa dipasang sempurna? Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan saat memasang lantai kamar mandi.

  • Pilih lantai dari material yang bertekstur kasar dan tebal

Lebih baik yang memiliki fitur anti slip sebagai antisipasi licin karena air atau sabun. Bila datang ke toko bangunan, anda akan dapat rekomendasi keramik yang diperuntukan untuk penggunaan di kamar mandi. Bila salah beli keramik maka akan lebih mudah lantai rusak dan terpaksa mengganti jenis keramik dan pemasangannya.

  • Buat lantai kamar mandi agak miring

Pemasangan selalu dimulai dengan pembuatan fondasinya terlebih dahulu. Lantai dibuat dan diikuti nantinya dengan pemasangan keramik. Agar tidak terjadi genangan maka buatlah lantai yang sedikit miring. pembuatannya dengan kemiringan setidaknya 10% ke satu arah tertentu. Biasanya kemiringan tersebut diarahkan pada lubang pembuangan atau floor drain.

  • Desain peletakan Keramik.

Keramik untuk lantai ada berbagai bentuk dan ukuran. Ada yang kotak, persegi panjang atau bahkan segitiga. Hitung dengan benar berapa box keramik yang dibutuhkan untuk menutupi seluruh lantai kamar mandi. Untuk bagian ujung yang tidak sesuai ukuran keramik bisa dipotong dengan pemotong keramik agar lantai rapi.

  • Siapkan subfloor

Bagian penopang ubin keramik ini harus kering dengan sempurna agar tidak terjadi keramik yang retak atau ada yang amblas. Gunakan material fondari lantai yang kuat seperti rabat beton atau cor beton.

  • Pasang Titik Pemasangan

Setelah dasar lantai kering, lanjutkan dengan lakukan pengukuran agar pemasangan bisa rapi, Titik tersebut dipasangkan tali dari ujung-ujungnya sebagai alat bantu. Dengan demikian, pola keramik dapat sesuai dengan desain yang sudah direncanakan sebelumnya.

  • Buat perekat

Adukan spesi  yang terbuat dari semen dan pasir kemudian digunakan di antara sela keramik. Adanya perekat tersebut jadi perekat untuk keramik yang dipasang di lantai kamar mandi.

  • Diamkan 24 jam

Setelah pemasangan keramik dan diberi perekat antara sela keramik lalu tunggu dan tidak ada beban apapun di atas lantai setidaknya setelah 24 jam. Pastikan semua keramik terpasang dengan baik denga cara diketuk-ketuk. Bila ada bagian yang kurang pas atau ada kesalahan pemasangan, maka bisa dilakukan perbaikan.

  • Bersihkan

Setelah yakin keramik lantai telah terpasang dengan benar, bersihkan permukaan lantai dari sisa-sisa perekat. Gunakan kain lembut atau spons untuk membersihkan permukaan lantai.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memasang lantai kamar mandi dengan benar. Pastikan material yang diunakan sesuai, dan pengerjaan dilakukan oleh tenaga profesional. Karena kesalahan pemasangan bisa menyebabkan lantai kamar kamar mandi rusak dan harus dilakukan pemasangan ulang. Jadi keseluruhan proses harus diulang dari awal yang berarti tambahan tenaga dan waktu yang tentu sangat merugikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *