Wajib Baca! Jangan Asal Pilih Warna, Ketahui Dahulu Pengaruh Psikologi Warna pada Desain Interior

Pengaruh Psikologi Warna pada Desain Interior

Selama ini orang mengira bahwa pemilihan warna pada suatu hal seperti cat rumah, sepatu atau tas tidak memiliki dampak psikologis bagi orang yang melihatnya. Namun ternyata, pemilihan dalam warna bisa mempengaruhi suasana hati atau mood seseorang. Oleh sebab itu, para desainer rumah khususnya desainer interior berlomba – lomba memadu padankan warna pada rumah untuk menciptakan suasana yang nyaman. Yuk ketahui efek psikologi warna – warna berikut ini pada desain interior.

Warna Putih

Warna putih sangat sering dipakai pada cat rumah atau jenis wallpaper. Banyak toko yang jual wallpaper korea didominasi dengan warna putih. Warna ini menggambarkan kesucian, secara psikologis memberikan efek ketenangan dan damai. Penggunaan warna putih akan memberikan kesan yang luas, bersih dan juga tinggi pada interior dalam rumah, sehingga pemakaian warna putih sangat cocok diterapkan pada rumah di daerah panas dan memiliki luas ruangan yang sempit.

Warna Oranye

Warna Oranye

Jarang sekali penerapan warna oranye pada interior rumah. Padahal warna ini secara psikologis dapat membuat suasana hati orang yang melihatnya lebih energik. Oranye melambangkan kenyamanan, menambah nafsu makan dan juga keberanian, sehingga cocok diterapkan pada ruang keluarga maupun ruang makan. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam pengaplikasiannya karena bisa membuat orang menjadi kurang fokus melakukan pekerjaan.

Warna Hitam

Penggunaan warna hitam yang benar dan tepat pada desain interior dapat membuat suasana rumah terkesan mewah dan elegan. Sekarang ini banyak wallpaper dinding yang mengusung tema hitam. Harga wallpaper dinding murah bisa ditemui secara online maupun offline. Namun, jangan sampai memakai warna ini secara berlebihan, karena dapat mendatangkan perasaan yang kurang nyaman. Warna hitam cenderung dikenal dengan warna yang berkaitan dengan suasana duka, kematian dan ketakutan.

Warna Cokelat

Warna cokelat termasuk di dalam warna yang netral. Warna ini memiliki kesan secara psikologis dengan rasa yang nyaman, lembut dan bersahabat. Selain membuat suasana rumah lebih adem, ternyata warna ini juga bisa membuat penghuni lebih betah. Oleh karena itu, cokelat sangat cocok di apilkasikan pada kamar tidur atau ruang keluarga.

Warna Merah

Siapa yang tidak mengenal psikologis dari warna ini? Yup warna merah memiliki efek berani, marah, membara dan juga bersemangat bagi siapapun yang melihatnya. Pemakaian yang tepat pada interior akan membuat warna merah menjadi lebih energik dan juga bisa menciptakan kenyamanan. Dalam pemakaian warna ini harus dipadukan dengan warna yang netral seperti putih, supaya membuat ruangan tidak terlalu terkesan agresif.

Warna Ungu

Ruangan yang memakai cat warna ungu akan memiliki kesan yang elegan dan juga mewah. Warna ini sering dihubungkan dengan warna janda dan juga keagungan raja. Oleh sebab itu, penggunaan warna ungu yang sesuai dapat meningkatkan rasa percaya dalam diri seseorang. Kebanyakan orang memakai warna ungu dengan kombinasi warna cerah lainnya untuk menimbulkan kesan mewah.

Setiap orang berhak memilih warna interior rumah yang sesuai dengan warna favorit mereka. Bagi orang – orang yang berani memadu padankan warna bisa memilih warna yang terang seperti merah, oranye atau kuning. Namun, tidak semua orang memilik keberanian dalam bermain warna bisa menggunaan warna netral seperti pitih, cokelat atau biru. Pemakaian warna dalam interior rumah akan menggambarkan karakter dari penghuninya. Oleh sebab itu, jangan sampai salah memilih warna karena akan berdampak secara tidak langsung pada psikologis orang yang melihat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *