Inilah Beberapa Permasalahan Penggunaan Pintu Kaca

Permasalahan Penggunaan Pintu Kaca

Salah satu bagian penting dari sebuah rumah adalah pintu. Saat ini sudah sangat beragam pilihan penggunaan model pintu, salah satunya adalah pintu kaca. Pada pintu jenis ini, kamu bisa menghadirkan nuansa elegan dan futuristik pada rumah. Meskipun begitu, penggunaan pintu dengan bahan kaca terkadang juga memunculkan beberapa permasalah. Artikel ini akan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai beberapa permasalahan yang muncul pada penggunaan pintu dengan bahan kaca.

Permasalahan penggunaan pintu dengan bahan kaca

Permasalahan Penggunaan Pintu Kaca

Jika kamu memang tertarik menggunakan pintu kaca, pastikan merawatnya dengan benar. Tentunya perawatan tersebut berbeda dengan perawatan pada pintu kayu. Hal tersebut bertujuan agar nantinya kamu tidak akan dihadapkan pada permasalahan yang lebih berat. Beriku informasi lengkapnya untuk kamu :

1. Jamur

Salah satu permasalahan yang muncul pada pintu dengan bahan kaca adalah munculnya jamur yang merusak keindahan kaca. Hal tersebut tentu menjadikan kaca terlihat jelek. Munculnya jamur juga akan membuat pandanganmu melewati kaca tersebut menjadi terhalang. Untuk itu, bersihkan secara rutin kaca yang ada pada pintu dengan mengelap dan menyemprot cairan pembersih kaca. Hindari penggunaan kaca yang dapat menyebabkan goresan.

2. Debu yang menggumpal

Pintu dengan bahan kaca tentu menggunakan sistem bantalan yang menyangga rongga kusen dengan kaca yang digunakan. Sistem ini jika tidak dirawat dengan benar akan mengakibatkan gumpalan debu. Hal tersebut tentu bukan bagian yang baik karena akan mengakibatkan kaca terlihat kotor. Selain itu, bagian bantalan tersebut juga rawan untuk dihuni oleh serangga kecil seperti semut. Untuk itu, bersihkan secara rutin bagian bantalan ini menggunakan lap maupun sapu yang bisa membuang rongga pada pinggiran kaca tersebut dengan baik dan benar.

3. Suara aneh pada saat buka dan tutup pintu

Pintu dengan bahan kaca biasanya dibuat dengan sistem engsel maupun geser. Untuk penggunaan sistem engsel, kamu perlu memerhatikan bagian engsel dan memberikan minyak pelumas agar tidak muncul suara-suara yang mengganggu. Selain itu, kamu juga harus memerhatikan apakah sekrup yang ada pada engsel masih tertanam dengan baik.

Jika model pintu yang kamu gunakan adalah pintu geser, maka harus memerhatikan bagian bantalan dan rel dari pintu tersebut. Pastikan bahwa sistem rel sudah bekerja dengan baik dan benar. Permasalahan yang sering muncul adalah bagian rel terlalu kotor sehingga gerakan pintu menjadi terhambat. Solusinya adalah dengan membersihkan bagian rel tersebut menggunakan sapu atau mesin vacum cleaner. Akan lebih baik lagi jika sistem roda yang berputar sering diberikan pelumas agar gerakannya bisa lebih sempurna.

Pada dasarnya, pintu dengan bahan kayu maupun kaca harus selalu dirawat dengan benar. Hal tersebut dikarenakan pintu adalah salah satu bagian dari rumah yang sering bergerak dan mengalami perubahan posisi. Jangan sampai lengah dalam perawatannya karena peran pintu sangat vital dan harus diperhatikan secara terus-menerus. Tentu akan sangat berbahaya jika pintu tidak bisa dibuka maupun ditutup.

Demikianlah artikel singkat mengenai beberapa permasalahan yang akan muncul ketika menggunakan pintu dari bahan kaca. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam mencegah adanya permasalahan yang serius ketika memakai pintu dengan bahan kaca. Pastikan bahwa kamu sudah mengikuti tips yang ada dalam artikel ini dengan baik dan benar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *