Ukuran Besi Hollow dan Kegunaannya

Ukuran Besi Hollow dan Kegunaannya

Besi hollow merupakan bahan bangunan ringan serbaguna, biasanya besi jenis ini digunakan untuk konstruksi-konstruksi ringan seperti membangun kanopi, pagar pembatas, membangun plafon. Kegunaan lain besi ini adalah bisa digunakan untuk membuat beragam funitur seperti meja dan kursi yang bergaya modern atau industrial. Pada beberapa jenis konstruksi, besi ini merupakan pilihan yang tepat untuk menggantikan kayu karena durabilitas kayu lebih rendah dibandingkan dengan besi.

Ragam Ukuran Besi Hollow dan Kegunaannya

Ukuran Besi Hollow dan Kegunaannya

Besi jenis ini mudah didapatkan, hampir semua toko bangunan menjual besi ini dengan beragam ukuran dan ketebalan, anda juga bisa membelinya secara online. Ukuran terkecil besi ini adalah 20×20 dengan ketebalan besi 1,5 mm sedangkan ukuran terbesar untuk besi jenis ini adalah 75×75 dengan ketebalan besi mencapai 2,7 mm. Perlu diingat bahwa semakin tebal ukurannya besi ini akan semakin kuat dan harga besi hollow akan semakin tinggi.

Besi jenis ini juga memiliki beberapa kelebihan yaitu mudah dipasang, tidak akan dimakan rayap, merupakan peredam panas yang baik, tidak mudah terkena korosi, tahan terhadap api, memiliki nilai estetika lebih baik dibandingkan dengan baja ringan dan tentunya harganya yang relatif terjangkau.

Berikut ini beberapa pemanfaatan dari besi yang bisa anda dapatkan:

  • Membuat Pagar

    Ukuran Besi Hollow dan Kegunaannya

Material yang lebih umum digunakan untuk membuat pagar rumah adalah kayu karena penggunaan kayu akan membuat rumah terlibat lebih estetik tetapi material ini cenderung tidak tahan lama dan tinggi biaya perawatan. Penggunaan besi hollow bisa menjadi pilihan yang bijak karena material besi lebih awet, tahan terhadap cuaca serta lebih kokoh dibandingkan kayu. Untuk membuat pagar rumah bisa menggunakan besi yang berukuran minimal 40×40 yang bisa dipadukan dengan ukuran yang lebih kecil untuk membentuk pagar yang estetik.

  • Membuat Plafon

Ukuran Besi Hollow dan Kegunaannya

Besi jenis ini juga kerap digunakan untuk rangka plafon karena memiliki ukuran yang tepat dan kekuatan untuk menahan beban dari plafon berjenis gypsum ataupun GRC. Ukuran yang biasanya digunakan untuk rangka plafon adalah 20×20 yang memliki harga besi hollow yang cukup murah yaitu Rp27.000 sampai dengan Rp50.000 per batangnnya tergantung ketebalan besi.

  • Membuat Kanopi

Ukuran Besi Hollow dan Kegunaannya

Kanopi di halaman rumah bisa dibuat menggunakan besi jenis ini karena besi jenis ini terlihat lebih elegan dibandingkan dengan menggunakan baja ringan. Ukuran yang biasa digunakan adalah minimal 40×40 karena dibutuhkan kekuatan untuk menahan beban dari atap yang dipasang.

  • Membuat Railing

Ukuran Besi Hollow dan Kegunaannya

Railing merupakan aspek penting dalam faktor keselamatan di rumah tingkat, gedung perkantoran maupun pabrik. Railing biasanya kita temukan di tangga atau di balkon yang berfungsi sebagai pembatas yang mencegah orang terjatuh saat menggunakan tangga atau sedang berada di balkon. Railing bisa dibuat menggunakan besi jenis ini, kita bisa menggunakan besi berukuran minimal 30×30 yang dikombinasikan dengan besi berukuran lebih kecil agar pembatas bisa bekerja secara maksimal.

  • Membuat Furnitur

Ukuran Besi Hollow dan Kegunaannya

Selain untuk konstruksi besi jenis ini juga bisa digunakan untuk membuat furniture dengan gaya minimalis dan industrial, penggunaan besi ini akan membuat furniture terlihat menjadi produk yang elegan. Ukuran besi hollow yang biasa digunakan adalah ukuran minimal 40×40 karena dibutuhkan kekuatan untuk menahan beban, biasanya juga dikombinasikan dengan besi siku agar produk dapat memuaskan.

Itulah beberapa kegunaan yang bisa kita dapat dari penggunaan besi jenis ini, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita memilih ukuran besi yang tepat sehingga kita bisa mendapatkan rancangan yang tepat guna. Perhatikan pula toko tempat kalian membeli, jangan sampai membeli besi dengan harga besi hollow yang terlalu mahal. Selamat berkreasi!

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *