Yuk Cari Tahu Hal Penting yang Jadi Perhatian Utama Pengelola Hotel

Pengelola Hotel

Membangun bisnis sendiri memang sangat didambakan setiap orang. Namun dalam membangun sebuah bisnis harus memiliki jiwa pantang menyerah dan ulet. Kebanyakan dari mereka menyerah sebelum mencapai sukses. Salah satu bisnis yang membutuhkan keuletan adalah bisnis hotel. Dewasa ini pembangunan hotel sudah semakin berkembang karena banyaknya kota wisata yang bermunculan. Dalam mengelola bisnis hotel tidak semudah yang orang lihat, karena pengelola hotel wajib memperhatikan hal – hal berikut ini.

Kualitas Pelayanan

Pelayanan merupakan salah satu hal terpenting yang wajib diperhatikan oleh pengelola hotel. Pelayanan menjadi image hotel yang akan dikenal oleh para pengunjung. Jika memberikan pelayanan yang terbaik, maka pengunjung akan datang lagi ke hotel tersebut. Salah satu alasan yang membuat pelanggan datang adalah pelayanan yang baik dan memuaskan. Membuat para pelanggan nyaman, akan ada kemungkinan mereka akan kembali ke hotel.

Kebersihan Hotel

Hal penting lainnya yang wajib diperhatikan oleh pengelola hotel adalah kebersihan hotel itu sendiri. Contohnya seperti kebersihan kamar yang meliputi bantal, guling, seprai harus diganti secara berkala. Selain itu, kebersihan lingkungan hotel juga harus diperhatikan meliputi kebersihan halaman, lobby, jendela dan lain sebagainya. Pengunjung akan cenderung lebih memilih suasana hotel yang bersih dan nyaman dibandingkan hotel dengan suasana jorok.

Kelayakan Hotel

Kelayakan Hotel

Pengelola hotel juga harus memperhatikan kelayakan dari fasilitas hotel yang diberikan. Misalnya kamar wajib dilengkapi dengan fasilitas bebas kebisingan, caranya dinding kamar hotel diberi lapisan kedap suara seperti rockwool. Harga rockwool murah bisa ditemui di berbagai toko bangunan secara online maupun offline. Dengan menjaga kelayakan hotel, maka akan mencegah terjadinya kerusakan lebih parah. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan sanitasi pada hotel, sanitasi yang tidak baik akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan mengganggu kenyamanan para tamu.

Membangun Relasi

Bagi pengelola hotel, membangun relasi atau kerjasama dengan agen tour travel, wholesaller atau kantor representative merupakan hal penting yang wajib dilakukan. Hal itu bertujuan untuk memasarkan dan mempromosikan hotel kepada masyarakat agar hotel lebih dikenal luas.

Penentuan Lokasi Hotel

Lokasi merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan oleh pengelola hotel. Para pengunjung akan tertarik pada hotel yang letaknya strategis yang dekat dengan pusat kota, tempat hiburan, dan juga obyek wisata. Hal ini disebabkan karena semakin tingginya aktivitas, maka pengunjung juga mengharapkan akomodasi untuk memperlancar liburan atau bisnis mereka.

Memperhatikan Para Pesaing (Kompetitor)

Tidak dapat dipungkiri lagi jika sekarang ini bisnis hotel semakin merajalela. Tugas pengelola hotel selanjutnya adalah memperhatikan kompetitor hotel yang ada. Jika kompetitor menawarkan berbagai macam fasilitas seperti antar jemput bandara, welcome drink atau laundry. Maka pengelola hotel harus lebih bisa memberikan yang lebih baik dari hotel kompetitornya. Para pengunjung ingin dibuat nyaman saat menginap, jadi ciptakan suasana sesuai dengam harapan pengunjung.

Mengelola sebuah hotel tidak semudah yang dibayangkan, apalagi jika hotel tersebut memiliki banyak pesaing. Dalam membangun hotel juga tidak boleh sembarangan, bangunan wajib memiliki fasilitas bebas kebisingan agar para tamu yang menginap tidak terganggu suara dari luar. Pemasangan bahan kedap suara pada setiap kamar wajib dilakukan, seperti penambahan rockwool. Sekarang ini sudah banyak toko yang jual rockwool murahdan dapat disesuaikan dengan budget hotel. Well, itulah hal – hal yang jadi perhatian utama para pengelola hotel. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis hotel bisa mempelajari dahulu dari hal yang sudah dibahas diatas tadi, agar hotel yang Anda bangun bisa berkembang pesat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *